Kamis, 24 Februari 2011

problematika remaja

menyikapi problema remaja dengan bijak dan tegas. Remaja adalah masa dimana seseorang itu mengalami masa transisi dari masa kanak-kanak ke masa dewasa. Adalah penting bagi kita untuk mengetahui dan memahami gejala problematika remaja, agar kita cepat tanggap terhadap hal itu dan memberikan solusi yang terbaik bagi kita dan para remaja.
Problema remaja diklasifikasikan menjadi tiga hal yaitu, secara Biologis, fisik, psikis yang muncul karena kebutuhan terhadap ketiga hal tersebut. Masa usia remaja adalah masa yang sangat rentan terhadap pengaruh- pengaruh baik itu positif maupun negatif dan mereka belum cukup paham bagaimana memilah pengaruh tersebut agar tidak merugika diri sendiri dan orang lain. Kebutuhan mereka terhadap ketiga hal yang telah disbutkan tadi mau tidak mau akan menimbulkan berbagai macam problem yang sangat erat kaitannya dengan pengaruh-pengaruh baik itu datangnya dari diri mereka pribadi ataupun berasal dari luar dirinya,orang lain atau lingkungannya. Kita diharapkan mampu untuk membaca situasi ini agar dapat menghindari suatu hal yang tidak diinginkan. Untuk itu kita perlu mengetahui tanda-tanda usia mulai remaja yang akan mengalami problematikanya sperti :
- emosi yang tidak stabil
- sikap dan mooral yang menonjol pada akhir remaja awal ( baik atau buruknya perilaku)
- meningkatnya keberanian untu mencoba sesuatu yang baru
- meningkatnya keinginan untuk menyendiri
- sering mengalami keraguan dalam menentukan sesuatu,
- mengalami pubertas dll
jenis-jenis problematika remaja sangat banyak namun yang lagi trend saat ini dalah seperti :
1. Problema Agama dan Ahklak remaja, masalah agama para remaja terletak pada tiga hal yaitu : keyakinan beragama, aplikasi dari keyakinan itu dan perubahan tingkah laku karena agama. "maka hadapkanlah wajahmu kapada agama Allah (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut naluri itu, tidak ada perubahan pada naluri dari Allah itu. Itulah agama yang lurus, akan tetapi kebanyakan dari manusia tidak mengetahuinya" (QS.Ar-Rum :30)
2.Problema Seks  Remaja, pada masa remaja ini pertumbuhan terjadi sangat cepat dan termasuk pertumbuhan organ - organ seks, sehingga membawa akibat kepada tingkah laku dan perbuatanya. kadang-kadang kematangan seksual dan keinginan untuk mengetahui masalah seks pada sebagian remaja, menyebabkan mereka melakukan onani bahkan seks bebas. Dan mereka mulai merasa berdosa dan menjadi problem bagi mereka. Kehidupan psikis yang mendapat pengaruh kuat adalah mminat remaja terhadap lawan jenis kelamin. Kehidupan moral dan agama remaja dalam hubungan dengan pengaruh kuat bekerjanya (oragn seks / gonads).
3. Problema perkembangan pribadi dan sosial, kpribadian seseorang terbentuk dalam kelompoknya, semakin besar si remaja, semakin bertambah kebutuhannya bergabung kpada kelompok yang ada diluar sana. Akan tetapi bertambah luasnya pergaulan itu, maka muncullah permasalahan akibat perbedaan pembinaan kepribadian kelompok itu, yang berlainan tingkah laku, budaya, ekonomi dan sosialnya. Problema ini sangat mengganggu bagi remaja untuk memperluas dan menguatkan hubungan antar anggta kelompoknya karena dianggap sebagai penghambat untuk hal tersbut. ( sumber : peranan pendidikan agama terhadap pemecahan problema remaja oleh : Drs. H. Sahilun A.Nasir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar